Home | Profile | Contact Us

Monday, March 26, 2007

Kutho Solo

Terletak pada Coordinates:7°34′0″S, 110°49′0″E, Surakarta atau mafhum lebih dikenal sebagai SOLO, secara administratif masuk dalam provinsi jawa tengah. Disisi timur daerah ini membelah sungai bengawan solo dari arah selatan menuju ke utara, dari sungai ini pula yang mengilhamai seorang komposer (Gesang) menciptakan lagu yang sudah mendunia dengan judul lagu yang sama dengan nama sungai tersebut 'Bengawan Solo'.

Sebagai kota yang berusia tua, berdiri sejak tahun 1745. kota ini selalu menemani perjalan hingga terlahirnya negara kesatuan Republik Indonesia, bahkan untuk beberapa peristiwa penting kota bengawan ini kerap menjadi saksi sejarah pada suatu peristiwa monumental, salah satu contoh penting adalah ketika pembentukan organisasi sarekat dagang islam yang merupakan organisasi pedagang pribumi pertama yang dipimpin KH Samanhudi. Organisasi yang didirikan di Laweyan ini mampu memberikan kontribusi pergerakan kemerdekaan negri ini.

Berbicara Surakarta tentu tidak dapat meninggalkan keberadaan dua keraton besar nusantara, kraton kasunan Surakarta dan kraton Manegkunegaran. keberadaan dua keraton tersebut pada awalnya digunakan sebagai penata administrasasi kependudukan untuk teritorialnya masing-masing, namun pengaruh mereka mulai berkurang tatkala kemerdekaan sudah direnggut dari tanah penjajah. Untuk masa sekarang kedua keraton tersebut lebih banyak dijadikan sebagai simbol budaya jawa.

Menilik sisi ekonomi kota ini, sebagian besar perekonomian ditopang oleh sektor jasa dan geliat beberapa pasar tradisionalnya. Pasar terbesar yang menjadi kebanggan masyarakat solo adalah pasar klewer yang memperdagangkan beragam pakaian batik yang merupakan produk asli masayarakat ini, disamping pasar Klewer masih terdapat pasar-pasar tradisional yang lain diantaranya adalah Pasar Gede, Pasar Legi dan lain lain.

Pada masa kini kota Solo sudah mampu berubah mengikuti perkembangan jaman, sudah banyak sekali gedung megah yang didirikan berdampingan dengan bangunan tempoe doeloe yang beberapa buah berhasil dipertahankan keberadaanya. Jalan-jalan yang beraspal mulus digelar untuk menghubungkan tempat-tempat strategis dengan pemukiman warga. Peranan dan keberadaan pasar-pasar tradisional juga mulai dimodernisasi serta pembangunan mall-mall baru walaupun terjadi prokontra atas usaha tersebut. Juga tampilnya beberapa media lokal baik cetak maupun elektronik yang setiap saat mengabarkan kepada kita semua tentang perkembangan kota ini.

Bangga rasanya bisa lahir dan besar dikota ini,kota lahir para tokoh yang berpengaruh, Kota solo. Solo yang menjadi pusat peradaban jawa, Solo yang menjadi pusat budaya jawa... 'SOLO the spirit of java'.

No comments: